Overview

Visi :

“Menjadi lembaga kajian kebijakan publik dan advokasi yang memiliki kredibilitas tinggi dan berpengaruh untuk meningkatkan kedaulatan rakyat atas kebijakan yang diambil pemerintah”

Misi :

  1. Menghasilkan produk dan layanan yang berkualitas, inovatif dan mampu menggerakkan kesadaran dan keterlibatan masyarakat dalam menentukan kebijakan publik.
  2. Meningkatkan kapasitas, profesionalitas, efektivitas dan efisiensi pengelolaan kelembagaan.
  3. Membangun jaringan baik secara vertikal maupun horizontal.
  4. Mengembangkan strategi advokasi kebijakan publik berdasarkan hasil penelitian di berbagai sektor.
  5. Menghasilkan kajian yang praktis dan mudah dipahami oleh masyarakat umum.

 

Tujuan

Berdasarkan Visi Misi tersebut, Tujuan CIPA adalah:

  1. Berperan nyata dalam pembangunan hukum dan kebijakan publik di Indonesia serta memberikan sumbangsih pemikiran demi terwujudkan kesejahteraan rakyat di Indonesia khususnya berkaitan dengan peraturan perundang-undangan beserta regulasi-regulasi turunannya, baik dalam bidang hukum, ekonomi, politik, sosial-budaya, pemerintahan, pertambangan/mineral/energi, pertanian, kelautan, maupun sektor-sektor strategis lainnya.  
  2. Mendorong penciptaan iklim usaha yang kondusif bagi percepatan pembangunan nasional dan pembangunan berkelanjutan.

Kegiatan

Untuk mencapai tujuan organisasi, Perkumpulan ini melakukan kegiatan-kegiatan sebagai berikut :

  1. Melakukan penelaahan dan evaluasi terhadap kebijakan publik dan peraturan perundang-undangan beserta peraturan-peraturan turunan teknis lainnya, sesuai dengan kaidah hukum yang berlaku serta tercipta harmonisasi hukum dan percepatan pembangunan di Indonesia.
  2. Melakukan penelaahan dan evaluasi kebijakan public dalam rangka pembangunan berkelanjutan.
  3. Memberikan masukan-masukan serta rekomendasi-rekomendasi, baik sebelum maupun setelah pembentukan kebijakan kepada pihak-pihak yang berwenang.
  4. Membentuk jejaring dan pengopinian terhadap isu-isu yang berkaitan dengan kebijakan publik guna menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik di Indonesia.