Ikhtisar Diskusi “Smart City and Smart Village” Ikhtiar Lompatan Pembangunan Nasional’

Konsep pembangunan perkotaan di Indonesia menjadi smart city telah diarusutamakan oleh pemerintah melalui peta jalan pembangunan perkotaan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019. Dalam rangka menyambut kebijakan perencanaan tersebut, Center for Indonesian Policy Analysis (CIPA) menghelat diskusi bertajuk ‘Smart City and Smart Village sebagai Ikhtiar Lompatan Pembangunan Nasional’

Digelar di Kedai Tempo Jakarta Timur, Sabtu (24/08/2019), CIPA menghadirkan Billy Aries dari Climate Institute dan Bayu Budiandrian sebagai pemantik diskusi.

Lebih dari setengah populasi dunia tinggal di daerah perkotaandan akan terus tumbuh menjadi 70 persen pada tahun 2050. Diperkirakan 68 persen penduduk Indonesia akan tinggal di perkotaan pada tahun 2035.

Tanpa strategi pembangunan perkotaan yang tepat, Indonesia akan menghadapi bencana yang dahsyat. Meningkatnya kemacetan lalu lintas, polusi udara, ketidakcukupan energi, serta menurunnya kwalitas hidup masyarakat adalah sederet masalah yang menghantui wilayah perkotaan.

DOWNLOAD IKTISAR DISKUSI DI SINI